Algoritma dan pemrograman
Algoritma adalah dasar pemrograman
Interaksi manusia dengan computer (Ketika kalian menggunakan computer), tujuannya :
a. mempermudah manusia dalam mengoperasikan mesin/computer
b. mengharapakan adanya berbagai bentuk umpan balik sesuai dengan input yang diberikan oleh manusia melalui keyboard atau alat input yang lain
c. mengharapkan output yang sesuai dengan input yang diberikan
Definisi algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah.
Terdapat beberapa definisi lain dari algoritma - tetapi pada prinsipnya adalah sama, dengan definisi yang diungkapkan di atas - yang kita kutip dari berbagai literatur, antara lain:
Algoritma adalah deretan langkah-langkah komputasi yang mentransformasikan data masukan menjadi keluaran.
Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.
Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran. Jadi, algoritma adalah deretan langkah komputasi yang mentransformasikan masukan menjadi keluaran.
Sejarah algoritma
Istilah algoritma dalam bahasa Indonesia diserap dari Bahasa lnggris “algorithm” yang secara etimologi berasal dari bahasa Arab “algorist” yang berarti proses menghitung dengan angka Arab
Para ahli sejarah matematika meyakini bahwa kata algorism berasal dari nama penulis buku juga ahli matematika berkebangsaan Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad lbnu Musa Al-Khuwarizmi (770-840)
contoh algoritma :
https://bitlabs.id/blog/contoh-algoritma-dan-flowchart/
Alur berpikir program, Algoritma, Flowchart dan Pseudocode
Alur berpikir program, algoritma, dan tahapan pembuatan algoritma pemrograman terstruktur merupakan konsep dasar yang harus dipahami sebelum melakukan implementasi pada pembuatan program. Pada mulanya komputer adalah merupakan mesin penghitung (COMPUTER = To + COMPUTE + ER) yang digunakan untuk membantu dalam proses perhitungan. Secara umum proses yang dilakukan pada sebuah komputer adalah menerima data (masukan/input) kemudian nilai data diproses dalam pusat pengolahan data (aritmatika dan logika) kemudian hasil pengolahan tersebut dikeluarkan berupa data hasil pengolahan (keluaran/output). Komputer juga membutuhkan media penyimpanan data untuk melakukan proses sederhana tersebut.
Algoritma
Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah. Kata ini berasal dari kata algoris dan ritmis yang pada awalnya diungkapkan oleh Al Khowarizmi. Dalam pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai metode yang terdiri dari langkah-langkah terstruktur untuk mencari solusi suatu masalah dengan bantuan komputer. Tahapan dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan algoritma adalah terdiri dari tiga bagian yaitu menentukan permasalahan (idea), pemecahan masalah, solusi (hasil). Pada bagian pemecahan masalah terbagi menjadi tiga bagian lagi yaitu penyusunan algoritma, penulisan kode program (source code), dan terakhir mengeksekusi kode program untuk mengetahui hasil dari proses.
Tahap Pengembangan Algoritma
Penyajian Algoritma
Algoritma dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu pseudocode (teknik penulisan algoritma seperti struktur bahasa inggris) dan flowchart (teknik visual). Pseudocode adalah penyajian algoritma dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan juga sering disebut sebagai outline dari sebuah program komputer. Sedangkah flowchart merupakan alur penulisan algoritma menggunakan simbol-simbol gambar yang dihubungkan dengan tanda panah sebagai penanda alur suatu proses.
simbol flowchart
Kriteria Algoritma yang Baik
- Mempunyai logika yang tepat untuk memecahkan masalah
- Menghasilkan output yang benar dalam waktu yang singkat
- Ditulis dalam bahasa baku terstruktur sehingga tidak menimbulkan arti ganda
- Ditulis dengan format baku sehingga mudah diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman
- Semua operasi didefinisikan dengan jelas dan berakhir sesudah sejumlah langkah
Pemrograman Terstruktur
Pemrograman terstruktur adalah pola penyusunan program komputer hanya dengan menggunakan tiga struktur kontrol, yaitu :
- Squence : merupakan urutan pengerjaan dari perintah/statement pertama sampai dengan perintah/statement terakhir. Pada umumnya bahasa pemrograman memiliki squence mulai dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan (top-down)
- Selection : struktur kontrol selection adalah penggambaran sebuah kondisi dan pilihan diantara dua aksi. Statement pertama akan dikerjakan, jika kondisi benar, jika tidak maka akan mengerjakan perintah setelah keyword (else).
- Repetition : merupakan perintah untuk melakukan pengulangan dengan kondisi tertentu
Dasar Pemrograman
Pemrograman memiliki delapan operasi dasar, diantaranya adalah :
- Membaca data (input)
- Menampilkan data (output)
- Melakukan perhitungan aritmatika (compute)
- Memberikan nilai ke suatu identifier (store)
- Membandingkan dan memilih (compare)
- Melakukan pengulangan (loop)
- Array
- Function